Review Delcell Grand 16.800 Mah: Diragukan Alasannya Dijual Murah

Seberapa besar popularitas dan persepsi terhadap merek besar lengan berkuasa terhadap penjualan? Jawabannya, besar banget. Samsung yaitu pola nyata. Selama bertahun-tahun Samsung sangat terkenal di Indonesia. Ponsel Samsung juga cenderung dipersepsikan berkualitas bagus, walaupun kenyataannya belum tentu demikian. Kombinasi dua hal itu, ditambah dengan beberapa faktor lain, menciptakan ponsel Samsung laku manis di negeri ini.

Hal bertolak belakang dialami Delcell. Meskipun sudah didistribusikan ke banyak sekali kota di Indonesia, keandalan power bank merek lokal itu gres dikenal di kalangan terbatas. Jauh lebih banyak calon pembeli power bank yang mencurigai kualitasnya. Apalagi, power bank Delcell seringkali dibanderol murah. Penulis alias HSW yakin, andai dilakukan survei acak, lebih banyak konsumen awam yang menentukan power bank Samsung palsu daripada power bank Delcell.

Seberapa besar popularitas dan persepsi terhadap merek besar lengan berkuasa terhadap penjualan Review Delcell Grand 16.800 mAh: Diragukan alasannya yaitu Dijual Murah

Banyaknya keraguan yang muncul menciptakan HSW menerapkan metode sedikit berbeda ketika menguji pakai power bank Delcell Grand 16.800 mAh. Uji pakai dilakukan selama hampir tiga bulan. Proses itu melibatkan banyak sekali tipe ponsel dan beberapa macam kabel micro USB maupun USB tipe C. Selain menghitung secara manual, HSW memakai peranti suplemen seperti ini untuk memantau output yang dikeluarkan power bank.

Setidaknya ada dua hal utama yang sanggup dipotret lewat uji pakai itu. Pertama, kinerja kasatmata power bank. Tak sanggup dipungkiri jikalau sebagian power bank yang tersedia di pasar tidak menghayati lagu usang berjudul Jangan Ada Dusta di antara Kita. Di bodi power bank tertulis, misalnya, berkapasitas 80.000 mAh, padahal realitanya hanya 6.000 mAh. Sepuluh persennya pun tak sampai.

Kedua, kualitas sel baterai power bank. Kalau dibongkar, di dalam power bank niscaya bakal dijumpai sel baterai yang siap menyimpan daya dan menyalurkannya ke gawai yang akan di-charge.

Sel baterai yang manis setidaknya bisa bertahan sekitar setahun. Sebaliknya, sel baterai berkualitas jelek kemampuannya cepat menurun drastis. Karena itu, tak perlu heran jikalau menemukan power bank yang telah rusak dalam waktu cuma seminggu pascapembelian.

Seberapa besar popularitas dan persepsi terhadap merek besar lengan berkuasa terhadap penjualan Review Delcell Grand 16.800 mAh: Diragukan alasannya yaitu Dijual Murah

Benarkah Delcell Grand berkapasitas 16.800 mAh ibarat yang tercetak di bodi belakangnya? Itu pertanyaan terpenting yang perlu dijawab dan dibuktikan. Hasilnya, semenjak penuh hingga kehabisan tenaga, Delcell Grand biasanya bisa menyalurkan daya minimal 11.200 mAh.

Sengaja digunakan kata “biasanya” dan “minimal” alasannya yaitu hasil pengukuran/perhitungan tidak pernah persis sama. Kadang lebih kecil, kadang lebih besar hingga menyentuh kisaran 11.400 mAh. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil simpulan tersebut.

Dengan merujuk kepada kepada hasil itu, layak disimpulkan jikalau kapasitas Delcell Grand yaitu nyata. Bukan tipu-tipuan. “Mengapa bisa begitu? Bukankah yang tertulis 16.800 mAh? Bukankah 16.800 mAh berbeda dengan 11.200 mAh?”

Penjelasannya begini. Power bank yang tertulis berkapasitas 16.800 mAh seharusnya dibekali sel baterai dengan kapasitas minimal sama. Sel baterai mempunyai tegangan 3,7 volt. Agar bisa mengisi ulang baterai ponsel atau tablet, tegangannya harus dinaikkan dulu menjadi 5 volt. Kapasitas yang awalnya 16.800 mAh itu jikalau dikonversi akan menghasilkan angka 16.800 x (3,7/5) = 16.800 x 0,74 = 12.432 mAh.

Selama digunakan men-charge baterai gawai, niscaya ada energi yang hilang. Persentasenya bisa mencapai 20 persen. Anggaplah yang hilang sepuluh persen saja. Perhitungannya menjadi 12.432 – 10% = 11.889 mAh. Kalau dalam pemakaian sehari-hari Delcell Grand biasanya bisa menyalurkan daya minimal 11.200 mAh, berarti klop dengan perhitungan itu, bukan?

Beralih ke pembahasan kualitas sel baterai. Semakin sering digunakan dan semakin usang diuji pakai, hasil pengujian akan lebih akurat. Namun, HSW tentu tidak mungkin menimbulkan Delcell Grand sebagai power bank utama selama setahun. Selain terlalu lama, amat mungkin ketika uji pakai tuntas, power bank itu malahan sudah diskontinyu. Tidak diproduksi dan dijual lagi.

Uji pakai selama nyaris tiga bulan mestinya sudah memenuhi syarat. Sebab, umpama sel baterai yang digunakan di power bank kurang bagus, dalam rentang waktu tersebut niscaya mulai terjadi adanya penurunan performa. Hasilnya, lagi-lagi Delcell Grand lulus tes. Kinerjanya tidak merosot.

Saat HSW mengetikkan ulasan ini, Delcell Grand dijual Rp 249.000 dan bergaransi resmi satu tahun. Paket penjualannya termasuk satu kabel charging. Ia tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu hitam, perak (silver), emas (gold), dan rose gold.

Seberapa besar popularitas dan persepsi terhadap merek besar lengan berkuasa terhadap penjualan Review Delcell Grand 16.800 mAh: Diragukan alasannya yaitu Dijual Murah

Seberapa besar popularitas dan persepsi terhadap merek besar lengan berkuasa terhadap penjualan Review Delcell Grand 16.800 mAh: Diragukan alasannya yaitu Dijual Murah

Power bank tersebut mempunyai dua port USB. Kemampuan maksimalnya mengalirkan arus sebesar 2,1 Ampere. Tersedianya satu lampu mungil menciptakan Delcell Grand sanggup difungsikan sebagai lampu senter darurat. Untuk membayangkan dimensi fisik power bank berbodi logam itu, perhatikan tampilannya kala diletakkan berdampingan dengan susu kotak 250 ml.

Ingin mempunyai Delcell Grand secara gratis? Unit hasil uji pakai di atas akan HSW hibahkan kepada satu orang peminat. Syaratnya mudah. Di belahan bawah halaman ini, paparkan alasan mengapa Anda pantas mendapat power bank tersebut. Jangan lupa menyebutkan nama lengkap dan kota domisili Anda.

Peminat terpilih akan dihubungi pada 11 Desember 2016 melalui alamat email yang diketikkan ketika mengirimkan komentar. Ongkos kirim ke alamat tujuan menjadi tanggungan HSW.

Update 11 Desember 2016: Peminat hibah Delcell Grand ternyata lebih dari seratus orang. Banyak di antara mereka yang pribadi digugurkan alasannya yaitu lupa menuliskan nama lengkap dan/atau kota domisili.

Setelah membaca satu per satu alasan dari peminat, HSW memutuskan yang berhak mendapat hibah Delcell Grand yaitu Pak Syahrullah yang sehari-hari tinggal di Lumajang. Email konfirmasi telah dikirimkan ke alamat email her***@yahoo.com. Tolong segera dicek dan dibalas ya, Pak Syahrullah.

Selamat kepada Pak Syahrullah dan terima kasih kepada seluruh partisipan.

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)