Retro Review Motorola E365: Polifonik Terbaik, Sayang Tanpa Inframerah

Penggemar ponsel berkamera built-in memiliki alternatif baru. Minggu kemudian ponsel Motorola E365 yang dilengkapi dengan kamera terintegrasi mulai beredar di pasar. Harga jualnya berkisar Rp 2,825 juta.

Dibandingkan ponsel Motorola keluaran terdahulu, ponsel itu mempunyai beberapa kelebihan. Kendati masih bernada dering 16 polynote alias sama dengan, misalnya, C359, bunyi yang dihasilkan relatif lebih menawan. Keras, cukup jernih, dan merdu. Boleh dibilang, inilah ponsel Motorola yang mempunyai nada dering polifonik terbaik.

 yang dilengkapi dengan kamera terintegrasi mulai beredar di pasar Retro Review Motorola E365: Polifonik Terbaik, Sayang Tanpa Inframerah

Layarnya bisa memancarkan sampai 65 ribu warna dengan terperinci dan tajam. Bila disandingkan dengan Sony Ericsson T610 yang juga berlayar 65 warna, pencahayaan layar E365 terlihat lebih terang.

Sama dengan T610, di bab belakang E365 terdapat sebuah kamera mungil. Ada pula sebuah logam mungil yang sanggup dipakai kolam cermin untuk memotret diri sendiri. Sebelum memotret,� pengguna sanggup mengatur beberapa fungsi di kamera E365. Pengaturan pencahayaan kamera ada dua macam, automatic dan night. Sedangkan resolusi yang sanggup dipilih pengguna terdiri atas high (640 x 480 piksel), medium (320 x 240 piksel), dan low (160 x 120 piksel). Suara shutter kala menjepret sanggup diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Dibandingkan kamera T610, E365 selangkah lebih baik. Ponsel berkamera terintegrasi pertama Motorola yang beredar di Indonesia tersebut bisa menghasilkan foto berukuran sampai VGA 640 x 480 piksel. Sedangkan T610 maksimal memproduksi foto berukuran 352 x 288 piksel. Menariknya lagi, E365 dilengkapi dengan epilog geser yang sanggup melindungi kamera ponsel kala tidak digunakan.

Usai memotret sebuah objek memakai E365,� penulis mengirimkan foto tersebut via MMS ke T310. Lalu, mentransfernya ke PC. Ternyata, foto beresolusi terkecil yang hanya 160 x 120 piksel pun masih terlihat elok di layar monitor. Warna yang dihasilkan cukup cerah.

Di kala senggang, pengguna sanggup memainkan salah satu di antara lima game menarik yang tersedia. Yakni, Magic II, Bowling, Bubble Tea, Big2Garden, dan Pacific Storm. Agar lebih asyik, pengguna dimungkinkan mengaktifkan fungsi getar. Jadi, kala bermain Pacific Storm dan berhasil menghancurkan pesawat musuh, misalnya, ponsel akan bergetar.

Fitur lain E365, di antaranya, GPRS, WAP browser, MMS, SMS chat, wallpaper, screensaver, datebook, dan kalkulator yang dilengkapi currency converter. Untuk menyimpan wallpaper, screensaver, dan data lain, tersedia memori fleksibel berkapasitas 2 MB.

Buku telepon ponsel itu berkapasitas 300 nama. Setiap nama sanggup dipadukan dengan satu nomor telepon dan alamat e-mail. Pengguna bisa pula menambahkan foto yang akan tampil kala ada panggilan masuk. Untuk mempermudah mengenali panggilan, fitur caller group dapat dioptimalkan pengguna.

Beberapa hal yang patut disayangkan dari ponsel ini, fungsi SMS-nya tidak dilengkapi dengan delivery report. Ia juga tidak dibekali inframerah maupun bluetooth.

Untuk individu yang tidak memerlukan konektivitas via inframerah atau bluetooth, E365 pantas dilirik. Bila bertransaksi sebelum 14 September 2003, Anda berhak memperoleh kabel data bernilai Rp 200-250 ribu secara cuma-cuma. Usai membeli, cobalah berkunjung ke id.mymobilesoft.com. Di sana Anda sanggup men-download bermacam-macam wallpaper, screensaver, dan nada dering. Gratis!

Sebaliknya, jikalau Anda rutin menjodohkan ponsel dengan personal digital assistant atau perangkat mobile lain, sadarlah bahwa E365 sesungguhnya bukan untuk Anda.

Keterangan: Retro review merupakan review gawai yang HSW buat pada bertahun-tahun silam. Tulisan di atas HSW ketikkan pada Agustus 2003. Isi naskah tidak diunggah utuh sesuai aslinya. Ada sedikit modifikasi yang dilakukan.

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)