Kartu Sim Memang Dapat Dikloning

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada: “Benarkah kartu SIM sanggup dikloning alias digandakan?” Jawabannya betul. Bahkan, Anda sanggup melakukannya sendiri dengan mudah.

Ingin iseng melakukannya? Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membeli perangkat kloning. Cobalah mencarinya di sentra penjualan ponsel atau sentra penjualan komputer. Merek yang banyak beredar di sini SIM Master dan SIM Max. Dilihat dari jenis konektornya ke komputer, ada dua varian berbeda yang sanggup dipilih pengguna. Yakni, menggunakan koneksi serial dan menggunakan koneksi USB.

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

Harga jual perangkat kloning biasanya Rp 250-350 ribu. Paket penjualan terdiri atas satu unit card reader and writer, satu keping CD installer, dan satu buah kartu SIM kosong. Kapasitas kartu SIM kosong yang disertakan berbeda-beda. Ada yang hanya sanggup menyimpan empat nomor GSM, ada pula yang sanggup menampung hingga 16 nomor GSM sekaligus. Yang paling sering dijumpai ialah kartu SIM kosong 8-in-1. Artinya, satu kartu SIM sanggup diisi dengan delapan nomor GSM.

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

Setelah membeli perangkat, langkah kedua ialah melaksanakan instalasi aplikasi kloning kartu SIM di komputer. Boleh PC, boleh pula laptop. Ikuti petunjuk yang tampil di layar. Kebanyakan aplikasi kloning kartu SIM yang beredar di sini berbahasa Inggris. Namun, mengacu pada pengalaman penulis, bukan tidak mungkin Anda mendapat yang berbahasa Indonesia.

Langkah ketiga, lakukan pengkloningan. Masukkan kartu SIM orisinil ke SIM card reader and writer. Jalankan aplikasi kloning di komputer. Proses kloning sebuah kartu SIM menghabiskan waktu 1-4 jam. Dalam kurun waktu tersebut, kartu SIM orisinil akan dibaca untuk mendapat International Mobile Subscriber Identity (IMSI) dan isu diam-diam lainnya. IMSI biasanya diperoleh dalam waktu kurang dari lima menit. Yang usang dan berpotensi gagal ialah membaca isu diam-diam lain yang lazim disebut key code.

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

Setelah proses pembacaan IMSI dan key code tuntas, keluarkan kartu SIM asli. Masukkan kartu SIM kosong yang Anda miliki. Ikuti petunjuk yang diberikan. Proses penulisan ke kartu SIM kosong hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Maka, kartu SIM kosong yang sebelumnya takkan memperoleh sinyal bila dimasukkan ke ponsel sekarang telah siap pakai.

Kartu SIM hasil kloning sanggup digunakan menyerupai halnya kartu SIM asli. Telepon, SMS, GPRS, atau 3G sanggup dilakukan. Bedanya, Anda takkan menemukan sajian SIM Tool Kit menyerupai M3-Access atau Layanan Data XL. Artinya, bila Anda selama ini rutin menggunakan layanan mobile banking yang disediakan operator seluler, Anda tidak sanggup menikmatinya via kartu SIM hasil kloning.

Sebuah kartu SIM kosong sanggup diisi dengan beberapa nomor sekaligus. Bagaimana cara berpindah dari satu nomor ke nomor lain? Pengguna cukup mengakses sajian yang tersaji di layar ponsel.

Laksana Pisau Bermata Dua

Ibarat pisau bermata dua, kloning kartu SIM sanggup merugikan dan menguntungkan. Merugikan bila penggandaan dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik sah, kemudian kartu hasil kloning itu disalahgunakan. Menguntungkan alasannya ialah kloning kartu SIM memperlihatkan fasilitas untuk pemilik lebih dari satu kartu SIM.

Detilnya begini. Kita mulai dengan yang merugikan. Tanpa sepengetahuan Anda, kartu SIM yang Anda miliki digandakan oleh seseorang. Orang tak bertanggung jawab itu lantas menggunakan kartu SIM hasil kloning untuk bertelepon sembarangan. Ia sedang karena sanggup bertelepon gratis, sedangkan Anda pusing. Sebab, Andalah yang bekerjsama menanggung semua biaya bertelepon oknum tak bertanggung jawab itu .

Bagaimana wujud kasatmata sisi menguntungkan kloning kartu SIM? Anggaplah Anda mempunyai tiga nomor dari tiga operator GSM yang berbeda. Berarti Anda mempunyai tiga kartu SIM. Berarti pula kegiatan membuka ponsel untuk mengganti kartu SIM menjadi pecahan dari kegiatan harian Anda. Repot!

Bila tiga kartu itu sanggup dikloning dan digabung ke dalam satu kartu SIM saja, maka Anda tak perlu membongkar-pasang baterai dan kartu SIM lagi. Saat ingin menggunakan kartu pertama, Anda tinggal mengaktifkannya dari sajian ponsel. Berniat pindah ke nomor kedua? Cukup mengakses sajian pemanis yang muncul di ponsel, sekali lagi.

Tak Selalu Kompatibel

Daripada menyesal di kemudian hari, sebelum membeli perangkat kloning kartu SIM, ada lima hal utama yang harus Anda ketahui.

Pertama, tidak semua kartu SIM sanggup dikloning. Kartu SIM keluaran sebelum pertengahan 2003 masih memungkinkan digandakan. Tingkat keberhasilannya tergolong tinggi.

Sebaliknya, kartu SIM yang beredar di sini mulai Agustus-September 2003 sangat sulit dikloning. Tingkat pengamanan kartu SIM tersebut sepertinya sudah ditingkatkan. Persentase keberhasilan kloning kartu SIM generasi yang lebih gres itu tergolong sangat kecil. Pengalaman penulis, cuma kartu SIM milik satu operator GSM yang masih gampang digandakan.

Beberapa pembaca mengirimkan pertanyaan senada Kartu SIM Memang Bisa Dikloning

Kedua, ini masih ada kaitannya dengan poin pertama, proses kloning tidak selalu berhasil. Amat mungkin terjadi kegagalan. Kartu SIM orisinil yang gagal dikloning bukan tidak mungkin akan rusak alias tak sanggup digunakan lagi.

Ketiga, satu kartu SIM kosong memang sanggup diisi dengan beberapa nomor sekaligus. Jangan disalahartikan bahwa lebih dari satu nomor sanggup aktif bersamaan. Nomor yang siaga alias menyala pada suatu periode waktu tetap hanya satu. Jadi, bila nomor A aktif dan ada penelepon ke nomor B, penelepon tetap akan mendapat isu bila nomor B tidak aktif atau berada di luar cakupan area.

Keempat, hingga dikala ini kloning hanya sanggup dilakukan untuk kartu SIM GSM. Kartu RUIM CDMA tak sanggup dikloning alasannya ialah aplikasinya memang belum tersedia.

Kelima, kartu SIM hasil kloning tidak selalu kompatibel dengan ponsel. Kartu kloning takkan bekerja optimal bila dipadukan dengan ponsel tertentu. Beberapa rujukan yang penulis ketahui menurut pengalaman pribadi, kartu kloning tidak berfungsi bila dimasukkan ke Sony Ericsson K700i dan generasi sesudahnya.

Sebagian ponsel Sony Ericsson sama sekali tak mengenalinya, sehingga muncul goresan pena yang pada dasarnya meminta pengguna memasukkan kartu SIM. Ponsel lain Sony Ericsson mengenali keberadaan kartu kloning. Tetapi, terpasangnya kartu kloning akan menciptakan ponsel berkali-kali mati-nyala. Jangan bertelepon, mengakses sajian pun tak bisa.

Bila kartu kloning itu dipadukan dengan ponsel Nokia bersistem operasi Symbian keluaran mulai final 2005, setiap beberapa menit pengguna harus memasukkan PIN. Bukan tidak mungkin pula muncul goresan pena bahwa kartu SIM tidak aktif.

BenQ Siemens S81 akan sering restart bila dipasangkan dengan kartu kloning. Sementara itu, kebanyakan ponsel Philips masih sanggup digunakan bertelepon kala dipadukan dengan kartu kloning. Namun, setiap kali pengguna masuk ke sajian pemanis untuk mengganti nomor yang aktif, ponsel bakal hang.

Enggan Makara Korban Kloning?

Kalau Anda tak ingin jadi korban penyalahgunaan kloning kartu SIM, ada beberapa langkah gampang yang sanggup dilakukan. Apa saja?

Teliti dikala membeli nomor baru. Kalau tak ada alasan yang benar-benar kuat, contohnya tertarik dengan nomor supercantik, belilah kartu perdana yang gres dan masih tersegel.

Jangan asal meminjamkan kartu SIM. Bila peminjaman hanya dalam 3-5 menit sih tak masalah. Kloning takkan tuntas secepat itu. Paling sial SMS Anda dibaca, buku telepon diintip, dan pulsa habis. Tetapi, bila peminjaman berlangsung sehari penuh bahkan berhari-hari, waspadalah. Pinjamkan hanya kartu SIM itu hanya kepada orang yang benar-benar dipercaya.

Aktifkan PIN. Hal ini akan sedikit menghambat upaya penggandaan kartu SIM. Pihak lain yang hendak mengkloning kartu SIM Anda harus mengetahui nomor PIN tersebut.

Kalau curiga telah jadi korban, gantilah kartu SIM. Anda merasa pulsa kartu prabayar Anda sering berkurang secara misterius? Tagihan kartu pascabayar Anda melonjak drastis dan setelah melihat rincian tagihan ternyata banyak panggilan ke nomor tak dikenal? Hmm´┐Ż siapa tahu Anda menjadi korban kloning.

Jalan keluarnya mudah. Segera ke kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan dan minta dilakukan pengganti kartu SIM. Dengan berganti kartu SIM, nomor International Mobile Subscriber Identity (IMSI) otomatis berganti. Jadi, bila ternyata kartu SIM usang Anda benar pernah dikloning, kartu SIM hasil kloningnya takkan sanggup digunakan lagi.

CATATAN: ulasan di atas dibentuk pada Januari 2008. Saat ini peranti kloning yang dipaparkan tidak tersedia lagi di pasar. Seandainya masih ada yang memilikinya pun, peranti tersebut takkan berhasil membobol sistem pengamanan terbaru yang diterapkan oleh operator seluler di Indonesia.

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)