Daftar Ponsel Ter-� 2016 Versi Hsw

Untuk memenuhi undangan pembaca setia blog Ponselmu.com dan pengikut akun Twitter @herrysw, penulis alias HSW kembali menciptakan daftar ponsel ter-� 2016. Ada ponsel terbaik maupun terburuk. Ada pula ponsel cantik, tetapi tidak layak beli.

Dibandingkan tahun lalu, ada pengurangan dan penambahan kategori. Ponsel dengan qwerty keypad fisik terbaik tahun ini dihapus. Sebab, selama 2016 tak ada satu pun ponsel qwerty yang HSW uji pakai.

Di sisi lain, ditambahkan dua kategori baru: ponsel berkamera terbaik dan ponsel terunik. Ponsel berkamera terbaik menitikberatkan evaluasi pada kemampuan fotografi. Fitur lain diabaikan, kecuali bila ada lebih dari satu ponsel yang mempunyai kinerja kamera seimbang. Sedangkan kategori ponsel terunik mencari ponsel yang mempunyai fitur tidak lazim. Fitur itu jarang ditemukan di ponsel lain.

Sama dengan tahun lalu, pengelompokan ponsel menurut rentang harga HSW lanjutkan. Namun, bila ini tidak ada kategori ponsel terbaik dengan harga jual kurang dari Rp 1 juta. Pasalnya, pada 2016 hanya ada dua ponsel under sejuta yang HSW uji pakai. Kebetulan keduanya sangat mengecewakan.

Asal tahu, “kontes” ini hanya mengikutsertakan jajaran ponsel yang pernah HSW uji pakai. Ponsel itu kali pertama beredar resmi di Indonesia pada Januari-Desember 2016. Harga yang dijadikan contoh yaitu harga ritel resmi dikala memasuki pasar, bukan harga terakhir dikala goresan pena ini dibuat.

Jadi, siapa saja pemenangnya? Ini dia. Silakan mengklik nama ponsel untuk membaca review-nya.

Ponsel pintar (smartphone) terbaik: LG V20. Review-nya memang belum diketikkan dan diunggah ke blog ini. Namun, HSW sebetulnya sudah mencoba tiga unit V20 yang berbeda. Hasil fotonya sanggup Anda lihat di sini. Dari rangkaian pemakaian itu, telah bisa disimpulkan bila V20 merupakan ponsel terbaik yang HSW uji pakai selama 2016.Ponsel pintar terburuk: Samsung Z2. Inilah kategori yang penentuan pemenangnya paling mudah. Kalau Anda ingin pertanda ponsel pintar bermerek terkenal ternyata ada yang buruk, belilah Z2.Ponsel berkamera terbaik: Huawei P9. Review ponsel ini belum tersedia di blog, tetapi HSW sebetulnya sudah pernah menggunakannya. Pada Oktober tahun lalu, dikala diundang menghadiri program Xiaomi di Beijing, Tiongkok, HSW menggunakan P9 sebagai kamera utama. Hasil fotonya bisa dilihat di sini.Ponsel paling gagal: Samsung Galaxy Note 7. Maksudnya, HSW gagal memilikinya gara-gara ponsel itu “berubah” menjadi petasan. Padahal, untuk persiapan menyambut kedatangan Galaxy Note 7, HSW sudah membeli komplemen gawai tersebut.Ponsel dengan baterai berkapasitas besar terbaik: Lenovo Vibe P1 Turbo.Ponsel cantik, tetapi tak layak beli: Coolpad Max Lite. Ada basi bacin dalam pemasaran ponsel ini. Diakui sebagai ponsel 3G biar lolos regulasi, tetapi realitanya dijual sebagai ponsel 4G LTE, baik secara terus jelas maupun kucing-kucingan.Ponsel terunik: Wiko Ridge 4G Fever. Di Indonesia merek Wiko sangat tidak populer. Bahkan, jangankan konsumen, pemilik toko ponsel pun masih ada yang belum mengenal merek tersebut. Padahal, mengacu kepada pengalaman eksklusif merasakan beberapa tipe ponsel Wiko, kualitas produknya tergolong bagus. HSW menobatkan Ridge 4G Fever sebagai ponsel terunik alasannya yaitu bodinya sanggup memendarkan cahaya di tengah kegelapan.Ponsel harga Rp 1 juta-Rp 1,999 juta terbaik: Moto E3 Power.Ponsel harga Rp 2 juta-Rp 2,999 juta terbaik: Infinix Zero 3.Ponsel harga Rp 3 juta-Rp 3,999 juta terbaik: Lenovo Vibe P1 Turbo.Ponsel harga Rp 4 juta-Rp 4,999 juta terbaik: Asus Zenfone 3 ZE520KL.Ponsel berharga jual lebih dari Rp 5 juta terbaik: LG V20.Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)