Cara Yang Benar Menghapus Kontak Di Aplikasi Whatsapp

 pengguna harus menyimpan nomornya terlebih dahulu Cara Yang Benar Menghapus Kontak di Aplikasi WhatsApp[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Agar dapat mengirim pesan WhatsApp, pengguna harus menyimpan nomornya terlebih dahulu. Namun jikalau dilakukan secara terus-menerus, akan ada banyak kontak yang balasannya tidak terpakai.

Seperti masalah yang pernah saya alami misalnya. Saat akan bertransaksi jual beli secara online, saya harus menyimpan nomor penjual sebelum menghubunginya untuk menanyakan kondisi barang secara lebih lengkap melalui aplikasi WhatsApp.

Namun sehabis transaksi selesai, pembayaran sudah berhasil dilakukan dan barang sudah berada di tangan, nomor WhatsApp penjual tersebut tidak akan terpakai lagi. Dengan catatan, tidak ada perjanjian menyerupai garansi atau kolaborasi lainnya.

Sebagai solusinya, para pengguna aplikasi perpesanan buatan Facebook tersebut harus rajin-rajin menghapus kontak-kontak yang sudah tidak terpakai secara manual. Sampai ketika ini, belum ada fitur hapus kontak otomatis di aplikasi tersebut.

Dalam beberapa kejadian, menghapus kontak WhatsApp dari perangkat dapat dengan gampang untuk dilakukan. Yang mana dalam hal ini, pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi kontak yang dimilikinya, kemudian menghapus kontak menyerupai biasanya.

Namun pada beberapa kasus, meski sudah menghapusnya dari aplikasi kontak, beberapa data masih tertinggal atau ditampilkan oleh WhatsApp. Kenapa dapat begitu? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Lewat Kontak Telepon

Secara sederhana, kontak telepon dan kontak WhatsApp mempunyai data yang terpisah. Saat aplikasi membaca kontak telepon, beliau akan menciptakan salinan data sebagai kontak miliknya sendiri.

Agar dapat menghapus secara permanen kontak di aplikasi WhatsApp melalui kontak telepon, maka sebaiknya pengguna harus mengatur daftar kontak terlebih dahulu semoga hanya menampilkan data dari WhatsApp.

 pengguna harus menyimpan nomornya terlebih dahulu Cara Yang Benar Menghapus Kontak di Aplikasi WhatsApp

Caranya berbeda-beda untuk masing-masing smartphone, tetapi secara umum dapat diatur secara pribadi dari pengaturan aplikasi kontak itu sendiri. Misal pada smartphone Samsung, hal ini dapat diatur melalui More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, kemudian Settings, dan ubah Contact to Show ke WhatsApp.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Dari Aplikasi

Selain memakai cara di atas, semoga kontak WhatsApp dapat benar-benar terhapus dari telepon, maka pengguna dapat menghapusnya secara pribadi dari aplikasi WhatsApp.

Pertama-tama, cari kontak yang akan di hapus dan masuk ke percakapan dengannya. Dalam hal ini, pengguna dapat mencarinya melalui fitur pencarian (ikon beling pembesar) maupun melalui halaman menciptakan pesan gres (ikon balon teks di pojok kanan bawah).

 pengguna harus menyimpan nomornya terlebih dahulu Cara Yang Benar Menghapus Kontak di Aplikasi WhatsApp

Dari halaman percakapan, kemudian klik More (titik tiga di pojok kanan atas) dan pilih opsi View Contact. Selanjutnya, buka More sekali lagi dan pilih View in address book. Jika masuk ke data kontak telepon, cari tombol Delete untuk menghapusnya.

Cukup gampang untuk dilakukan memang, tetapi jikalau banyak yang akan dihapus dapat menjadi sangat melelahkan. Jika kau tidak ingin melaksanakan hal ini, kau dapat memakai metode mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomornya berikut ini.